Nov 19, 2016

Cara Partisi Hardisk Pada Windows 7 Tanpa Software

Cara Partisi Hardisk Pada Windows 7 - Partisi dalam sistem berkas dan pengelolaan sarana penyimpanan adalah sebuah bagian dari ngingatan atau sarana penyimpanan yang terpisah secara logis yang berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara wujud. Sarana penyimpanan yang dapat dipetak adalah ngingatan (baik itu ngingatan wujud ataupun ngingatan maya oleh pengelola ngingatan sistem operasi), cakram keras, cakram magneto-optis (MO Disk), dan beberapa [[memori kilat|ngingatan kilat]. Meskipun demikian, istilah "pemetakan" saat ini digunakan untuk merujuk pada bagian dari cakram keras.

Langkah - langkah partisi :
01.Klik Simbol Start , klik kanan pada Computer, lalu pilih Manage
02.Sampai muncul seperti ini, akan terlihat bagian2 partisi di laptop/Pc anda. 
03.Saya akan pertisi Disk yang bernama "(D:)" menjadi 2 bagian, terlihat disana kapasitas nya adalah 348.57GB NTFS, saya akan membagi menjadi 80GB, dan 1 lagi sisanya 270.45GB. Klik kanan "(D:)", lalu pilih Shrink Volume
04.Di bagian "enter the amount & space to shrink in MB" , isikan besar disk yang di inginkan, karena ini dalam MB, maka isikan 80000MB untuk menjadi 80GB, (1GB = 1000MB)
05.Setelah selesai,akan terlihat disk baru sebesar 78.13GB (80GB) yang masih Free Space, maksud nya partisi harddisk itu masih belum di buat, dan belum bisa digunakan, untuk itu, kita harus buat partisinya dlu.
06.Klik kanan 78.13GB kotak berwana hitam pilih "New Simple Volume".
07.Muncul Welcome to the New Simple Volume Wizard - Next,
 08.Muncul Specify Volume Size - Next (Jangan di Edit!!!)
 09.Muncul Assign Drive Letter or Path Pilih Assign the following drive letter Pilih jenis huruf untuk hardisk tersebut. (saya pilih huruf Z) kemudian Next.
 10.Muncul Menu Format Partition Pilih Format this volume with the following setting (File system : NTFS, Allocation unit size : Default, Volume : New Volume, Centang Pada Perform a quick format) kemudian Next.
 11.Muncul Completing the New Simple Volume Wizard - Next
 12.Setelah tekan Finish, Tunggu sejenak loading. Maka akan muncul New Volume (Z:) berwarna biru menandakan bahwa New Volume (Z:) sudah dapat digunakan..
13. Lihat dan Klik My Computer dan lihat hasilnya...
Begitulah Cara Partisi Hardisk Pada Windows 7 Tanpa Software, jika ingin mempartisi lagi, cukup ulangi langkah diatas, dan sesuaikan dengan keinginan anda. Untuk yang ingin Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Pada Windows 7 Tanpa Software. Sekian dan terima kasih anda telah berkunjung ke blog saya..