Dec 5, 2016

Format Karakter Microsoft Excel 2007

Format Karakter Microsoft Excel 2007 - Ini merupakan sebuah layanan/fasilitas yang mempermudah setiap pengguna dalam mengelola data - data yang ada dalam setiap cell. Layanan/fasilitas ini berbentuk fungsi dan dengan bantuan fungsi ini, setiap data yang ada dalam cell bisa diambil, disortir, dan diurutkan sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk mengambil data/karakter tertentu dalam suatu cell, kita bisa gunakan fungsi "LEFT, MID, dan RIGHT". Sedangkan untuk menyortir (menyaring data) dan mengurutkan data kita bisa gunakan "Data Sort dan Data Filter".

01. LEFT (Mengambil Karakter Kiri)
Left ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
Contoh : LEMBAGA =LEFT(E20,3) Hasilnya : LEM

02. MID (Mengambil Karakter Tengah)
Mid ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah : =MID(text,start_num,num_chars)
Contoh : LEMBAGA   =MID(E20,2,3) Hasilnya : EMB

03. RIGHT (Mengambil Karakter Kanan)
Right ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah : =RIGHT(text,num_chars)
Contoh : LEMBAGA =RIGHT(E20,4) Hasilnya : BAGA

04. DATA SORT (Mengurutkan Data)
Langkah mengurutkan suatu data adalah :
Blok seluruh data yang ingin diurutkan
Pilih tab Data – klik icon Sort
Klik AZ untuk pengurutan Ascending (diurutkan berdasarkan dari kecil ke yang
besar)
Klik ZA untuk pengurutan Descending (diurutkan berdasarkan dari besar ke yang
kecil)
Ok

05. DATA FILTER (Menyaring Data)
Langkah menyaring suatu data adalah :
Blok seluruh data dalam tabel
Pilih tab Data –Klik icon Filter
Untuk menghilangkan tanda klik kembali icon Filter