Dec 19, 2016

Mengatasi Wifi Internet Yang Tidak Terdeteksi pada Laptop / Notebook

Cara mengatasinya dengan wifi internet yang tidak akan terhubung ke Internet pada laptop / notebook yang menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi ini sebenarnya tidak sulit, hanya hal-hal sepele seperti ini bisa mengganggu kita jika saat-saat kita membutuhkan koneksi internet dengan mengandalkan pada jaringan wifi internet "tanpa kabel" untuk tujuan yang bersifat kritis tiba-tiba, untuk mengatasi jaringan wifi yang tidak akan terdeteksi oleh windows 7 laptop dapat mendengarkan penjelasan saya pada artikel ini.
Untuk Cara Mengatasi Wifi yang tidak dapat dideteksi dengan internet pada laptop atau notebook windows 7 anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu anda pastikan sebelum:

01. Berada di area Wifi Internet : Sebelum memeriksa yang lain pastikan dulu jika anda sudah berada di area wifi, faktor-faktor ini biasanya terjadi di ruang tertutup yang mengarah ke jaringan wifi tidak bisa masuk ke dalam ruangan anda.

02. Jaringan Wifi Normal : Jika jaringan wifi di daerah anda normal, maka anda sekarang dapat memeriksa faktor-faktor lain yang menyebabkan internet wifi tidak terdeteksi pada laptop atau notebook anda.

Cara Mengatasinya sebagai berikut :
01. Periksa apakah driver diinstal sesuai WIFI seri laptop anda dan sudah tidak ada tanda seru (!) dalam device manager anda, klik cek langkah Start - Control Panel - Device Manager - Network Adapter, periksa apakah di adapter jaringan sudah terpasang driver Wirelles dan tidak ada tanda seru (!), jika sudah tahap ke berikutnya, tapi jika ternyata ada driver atau tidak ada driver tapi masih ada tanda seru berarti Anda perlu untuk memperbaiki / menginstal ulang sesuai driver laptop anda.

02. Aktifkan Wifi internet di laptop anda, caranya Fn + F5 (lenovo), ada Fn + F3 di mana setiap jenis laptop memiliki kombinasi shurtcut yang berbeda untuk mengetahui anda klik tombol bebarengan (Fn + tombol simbol sinyal pemancar) dan dalam jenis berbeda seperti toshiba lampu indikator laptop wifi akan menerangi menunjukkan sinyal WiFinya telah anda nyalakan.

03. Untuk cara jika belum kelar juga, padahal sudah mengikuti cara diatas maka anda bisa melakukan cara ini, yakni :
►Pergi ke panel kontrol melalui Start - Control Panel, kemudian pada View By sudut atas kanan layar : pilih Large Icon.
►Berikutnya pilih Windows Mobility Center.
►Pada bagian wirelles akan terlihat status wirelless "Wifi" internet anda, jika statusnya "wireless off" berarti wifi anda masih belum aktif.
►Berikutnya anda bisa mengaktifkan wifi anda dengan memilih tombol "Turn Wireless On"
 
►Jika sudah, untuk melihat hasilnya apakah berhasil atau tidak silahkan mencoba untuk membuka browser dan mencoba untuk mengakses internet.

Itu adalah cara sederhana untuk mengatasi wifi tidak terdeteksi atau tidak terhubung dengan benar ke laptop anda, jika cara untuk mengatasi wifi tidak terdeteksi di atas, anda melakukannya dengan benar saya yakin masalah Wifi jaringan di laptop atau komputer anda dapat terasatasi. Dan anda perlu memahami bagaimana untuk mengatasi masalah ini juga belum tentu sama dengan masalah Wifi yang tidak terhubung pada laptop tapi jaringan WIFI terdeteksi, karena masalah khusus yang telah saya sebutkan tadi juga menangani berbagai cara sesuai dengan materi pelajaran.