Mar 24, 2017

Cara Menghapus Cache Otomatis di Android

Cache pada dasarnya membantu percepatan proses transfer data baik di peramban maupun aplikasi, tapi di sisi lain juga membebani kuota memori. Itu sebabnya sebagian orang memilih untuk menghapus cache di rentang waktu tertentu. Termasuk di Android.

Menghapus cache tidak selalu harus menggunakan aplikasi. Sistem operasi Android sudah menyiapkan tool bawaan yang dapat dipergunakan untuk melakukan tugas itu. Nah, di tutorial inilah kita akan bahas cara menghapus cache di Android menggunakan metode tersebut, yakni tanpa memasang aplikasi apapun.

Untuk menjaga performa handphone anda, alangkah baiknya untuk menghapus file Cache ini secara rutin minimal 7 hari sekali. Produksi file cache akan sangat banyak pada saat browsing di Internet atau membuka media sosial. Setiap halaman akan menghasilkan file cache, maka dari itu file cache akan terus menumpuk.

Bagaimanakah Cara Menghapus Cache pada Handphone?
1. Menghapus cache dapat dilakukan satu per satu, dan disini kita dapat memilih aplikasi apa yang akan di hapus cachenya,
Caranya: Masuk pada menu Setting - Manager Aplikasi - Pilih aplikasi yang akan di hapus cachenya kemudian Clear Cache.
2. Untuk menghapus cache sekaligus pada semua aplikasi, anda dapat menggunakan aplikasi App Cache Cleaner yang bisa anda dapatkan secara gratis di playstore.

- Caranya: Instal App Cache Cleaner, buka aplikasinya setelah terinstal, akan muncul semua aplikasi yang terinstal di memori perangkat anda serta ukuran jumlah Cachenya, klik Clear All untuk menghapus Cachenya sekaligus.
- Kemudian pada tab Residual Files, untuk menghapus folder - folder yang kosong yang tersisa. Klik Delete.

Dengan Aplikasi ini anda juga dapat mengatur agar Cache pada handphone anda dapat dibersihkan secara otomatis. dengan cara masuk pada menu Setting yang ada pada bagian kanan atas, kemudian klik Auto Clear Interval, Selanjutnya pilih waktunya.
Sebenarnya untuk menghapus cache sekaligus pada handphone android dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan namun cara ini hanya dapat dilakukan pada perangkat OS Android 4,2 jelly Bean keatas, melalui menu Penyimpanan (Storage) dan pilih Cached Data.