Mar 16, 2017

Nokia 6 Versi Global Makin Ganteng! Kini dengan RAM 4GB dan Storage 64GB

Mobile World Congress 2017 bakal berlangsung mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2017 mendatang. Banyak vendor yang memanfaatkan event selular terbesar ini untuk mengkonfirmasikan smartphone terbarunya yang akan dijual di sepanjang tahun 2017. Termasuk di sana, HMD Global, yang memboyong tiga Android mereka, dan satu yang sudah dipastikan untuk pasae global.

Meskipun Nokia kini dipegang hak jualnya oleh HMD Global, yang mendapatkan merek ini setelah “dikuasai” oleh Microsoft selama beberapa tahun, namun penulis akan menggunakan nama Nokia saja untuk menyebut HMD Global. Sepertinya lebih familiar, dan lebih nyaman didengar, karena langsung membuat kita mengingat ponsel jadul mereka yang fenomenal. Untuk MWC 2017 ini, ada tiga Nokia Android yang dipamerkan.

Tipe Nokia Android yang paling menonjol tidak lain Nokia 6, yang sudah diumumkan awal Januari 2017, serta sementara ini dijual eksklusif Cina saja. Selama MWC 2017, Nokia memastikan Nokia 6 akan dirilis di wilayah lain. Bersamaan dengan yang terbesar, ada Nokia 5 dan Nokia 3, yang mengisi pasar mengengah bawah dan kelas bawah diantara jajaran Nokia Android tahun 2017 ini.
Walaupun banyak yang menilai ini tipe flagship Nokia, namun penulis sangsi. Masih ada beberapa bocoran yang lebih pantas spesifikasinya. Namun untuk masuk ke pasar global, kombinasi spesifikasi mumpuni dan harga murah yang harus dipilih. Dan Nokia 6 mewakili dari visi Nokia yang baru. Tentu saja, versi global ini sama persis dengan yang di Cina.
  • HARGA
Rp 3,2 Jutaan
  • Layar
5,5 inci IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
  • Pelindung
Corningg Gorilla Glass
  • Jaringan
4G LTE Cat 4 150/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v7.0 Nougat
  • CPU
Snapdragon 430, Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU
Adreno 505
  • RAM
RAM : 4 GB
  • Memori
Internal : 32 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
16 MP , Phase Detection Autofocus, Dual LED Flash
  • Video
1080p@30fps
  • Kamera Depan
8 MP, Autofocus
  • Sensor
-Accelerometer
– Compass
– Proximity
– Gyro
– Finger Print Sensor
  • Baterai
Li lon 3000 mAh ( Non Removable )
Ada layar IPS 5.5-inchi Full HD, chipset Snapdragon 430, internal storage 32GB dan jatah memory RAM 3GB, kombinasi kamera 16MP/8MP, slot micro USB, sensor sidik jari, dan dual speaker dengan amplifier khusus, yang dibekingi software Dolby Atmos.

Pilihan warnanya Matte Black, Silver, Tempered Blue, dan Copper ketika dijual nantinya, dan harganya €229, atau sekitar Rp3.2 jutaan. Belum ada kepastian kapan dijual di luar Cina, apalagi, masuk Indonesia. Namun beberapa laporan yang menyebutkan jika pengajuan ijin pengajuan di beberapa negara sudah masuk. Negara tersebut antara lain: Taiwan, Rusia, India, Sanyol, Perancis, Jerman, Inggris Raya, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Polandai, Afrika Selatan, Finlandia, Vietnam, dan Ukraina. Ya, sejauh ini belum ada Nokia Android yang masuk daftar sertifikasi di Indonesia.

Mengiringi perilisan versi global Nokia 6, vendor Finlandia ini juga menawarkan edisi khusus Arte Black Nokia 6. Selain warnanya yang eksklusif piano black yang lebih ganteng (namun pasti lebih rentan meninggalkan sidik jari), kalian mendapatkan internal storage 64GB dan RAM 4GB. Hanya saja harganya meningkat menjadi €299, atau sekitar Rp4.2 jutaan.
Hanya kalian yang bisa menilai apakah angka tersebut sepadan dengan teknologi Snapdragon 430 yang digunakan di sini. Tapi jangan melupakan casing aluminium unibody, speaker stereo, serta build-quality yang meyakinkan untuk kelas Android, ketika mengukur mahal tidaknya smartphone ini, ya!

8:25 PM, 16 Maret 2017
Sumber : http://www.duniaku.net/